You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Pangguh

Kec. Ibun, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat
Info
Wilujeung Sumping di Website Resmi Desa Pangguh Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung "Mewujudkan Desa Pangguh Anu Geunah Merenah Tur Tumaninah"

Pencegahan Stunting di Desa Pangguh


Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 terutama penanganan Stunting apai Stunting ???? kita simak penjelasannya di bawah ini...

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Kondisi gagal tumbuh pada anak balita disebabkan oleh kurangnya asupan gizi yang berulang, infeksi berulang, dan pola asuh yang tidak memadai terutama dalam 1.000 HPK. Anak tergolong stunting apabila lebih pendek dari standar umur anak sebayanya. Standar panjang atau tinggi badan anak dapat dilihat pada buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Itulah Stunting dimana Desa - desa di seluruh wilayah Indonesia memprioritaskan anggaran untuk menanggulangi hal tersebut dengan kegiatan sebagai berikut :

Pelayanan Peningkatan Gizi Keluarga di Posyandu berupa kegiatan:

  • penyediaan makanan bergizi untuk ibu hamil.
  • penyediaan makanan bergizi untuk ibu menyusui dan anak usia 0-6 bulan.
  • penyediaan makanan bergizi untuk ibu menyusui dan anak usia 7-23 bulan.
  • penyediaan makanan bergizi untuk balita.
  • menyediakan dan memastikan akses terhadap air bersih.
  • menyediakan dan memastikan akses terhadap sanitasi (jamban keluarga).
  • penyuluhan konsumsi masyarakat terhadap pangan sehat dan bergizi,
  • menyediakan akses kepada layanan kesehatan dan Keluarga Berencana (KB).

adapun kegiatan yang sudah dilakukan Pemerintah Desa Pangguh untuk berpartisipasi dengan program Pemerintah Desa Pangguh melakukan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan untuk Bayi dan Ibu Hamil supaya tidak terjadi hal seperti diatas di wilayah Desa Pangguh Kecamatan Ibun.

Bagikan artikel ini:
Komentar