You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Pangguh

Kec. Ibun, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat
Info
Wilujeung Sumping di Website Resmi Desa Pangguh Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung "Mewujudkan Desa Pangguh Anu Geunah Merenah Tur Tumaninah"

MEMBANGKITKAN SENI SUNDA PENCAK SILAT


Pada Tahun 1959 berdiri Perguruan Pencak Silat yang bernama "TRI MARGA" yang di didirikan oleh Bapak SADMA dan jajarannya yang bertempat di Kp. Bojong Muncang Rt. 001 Rw. 008 Desa Pangguh Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung membuka perguruan serta menampung masyarakat yang mau belajar Pencak Silat perguruan tersebut bertahan dengan kepengurusan yang diturunkan sampai tahun 2000an setelah meninggal para pendiri dan jajarannya perguruan itu seperti hilang ditelan zaman yang modern, dan sekarang Perguruan Pencak Silat "TRI MARGA" itu dibangkitkan kembali oleh murid beliau yang bernama IPING SOMANTRI dan dibentuk kepengurusan dan berubah nama menjadi "TRI MARGA PUTRA PUSAKA SILIWANGI" dengan nama tersebut semoga apa yang di ajarkan oleh gurunya bisa diteruskan lagi oleh anak - anak muda zaman sekarang dengan mencintai dan mengembangkan seni sunda khususnya pencak silat. nama TRI MARGA PUTRA PUSAKA SILIWANGI itu sendiri bermakna :

TRI : Tilu (dalam bahasa sunda)

MARGA : Jalan

PUTRA : Murid/Anak

PUSAKA : Guru

SILIWANGI : Lambang Jawa Barat

jadi kalau diartikan TRI MARGA PUTRA PUSAKA SILIWANGI yaitu tiga jalan yang ditruskan oleh muridnya untuk mengembangkan ilmu yang diberikan gurunya kalau bisa sampai se Jawa Barat lebih jauh lagi nasional.

Bagikan artikel ini:
Komentar